Home » » Wacana Kemenag Sertifikasi Da’i

Wacana Kemenag Sertifikasi Da’i

Written By Radio HizFm on Sabtu, 28 Januari 2017 | Sabtu, Januari 28, 2017




Kementerian Agama tengah merumuskan standar kualifikasi atau kompetensi bagi penceramah agama. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan standar kualifikasi ini nantinya harus dipenuhi seseorang yang ingin menjadi penceramah agama. Kementerian Agama akan memberikan sertifikat bagi orang-orang yang dianggap layak sebagai penceramah agama.
Saat ditemui di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Kamis (26/1) pihaknya tidak menjelaskan secara rinci rumusan apa saja yang nantinya akan menjadi rujukan atau patokan standar kualifikasi penceramah agama. Dia menyatakan rencana itu saat ini masih dalam tahap pengkajian.
Lukman berharap rumusan itu nantinya bisa menjadi langkah antisipasi siar ceramah yang menghujat dan mengurangi sikap-sikap intoleran antarumat beragama. Dalam mengkaji rumusan, Kementerian Agama akan mengajak sejumlah ulama dan tokoh agama untuk menyusun rumusan kualifikasi bagi penceramah agama ini.
Kementerian Agama pun, kata dia, akan menunjuk lembaga lain untuk memberikan sertifikat terhadap penceramah agama yang lolos kualifikasi. Untuk standar kualifikasi dan kompetensi penceramah ini, pihaknya berterus terang bahwa ia harus mendengarkan masukan dari pihak terkait seperti para ulama, tokoh agama, ormas, hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Wacana ini bukan yang pertama kali digulirkan di Indonesia, sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengusulkan agar ada sertifikasi terhadap para ulama.  Direktur Deradikalisasi BNPT, Irfan Idris menyatakan sertifikasi dai dan ustaz menjadi salah saru cara mencegah ajaran radikal.

0 komentar:

Posting Komentar

LIVE YOUTUBE HIZFM

Total Tayangan Halaman